Search This Blog

Sunday 28 December 2008

Definisi Normalisasi Data

· Normalisasi adalah suatau proses memperbaiki/membangun data dengan model data relasional, dan secara umum lebih tepat dikoneksikan dengan data model logical.

· Normalisasi adalah proses pengelompokan data ke dalam bentuk tabel atau relasi atau file untuk menyatakn entitas dan hubungan mereka, sehingga terwujud satu bentuk basis data yang mudah untuk di modifikasi.

· Normalisasi adalah suatu prosses untuk mengidentifikasi “tabel” kelompok atribut yang memiliki ketergantungan sangat tinggi antara satu atribut dengan atribut lainnya.

· Normalisasi bisa dissebut juga sebagai proses pengelompokan atribut-atribut dari suatu relasi sehingga membentuk “Well Structured Relation”.

Well structured Relation adalah sebuah rek\lasi yang kerangkapan datanya sedikit (Minimum Amount of Redundancy), serta memberikan kemungkinan bagi pemaki untuk melakukan Insert, Delete, Modify terhadap baris-baris data pada relasi tersebut, yang tidak berakibat terjadinya error atau inconsistency data yang disebabkan oleh operasi-operasi yang diberikan oleh pemakai.

No comments:

Post a Comment