Search This Blog

Sunday 28 December 2008

Bentuk Normalisasi Data

Bentuk-bentuk Normalisasi

  • · Bentuk tidak normal (Unnormalized Form)

Bentuk ini merupakan kumpulan data yang direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu. Dapat saja tidak lengkap atau terduplikasi. Data dikumpulkan apa adanya sesuai dengan saat pemakai menginput.

  • · Bentuk Normal ke Satu (First Normal Form/1NF)

Suatu relasi 1NF jika dan hanya jika sifat dan setiap relasi atributnya bersifat atomic. Atom adalah zat terkecil yang masih memiliki sifat induknya, bila dipecah lagi maka ia tidak memiliki sifat induknya.

Ciri-ciri 1NF:

  1. setiap data dibentuk dalam flat file, data dibentuk per satu record nilai dan field berupa “atomic value”.
  2. tidak ada set atribut yang berulang atau bernilai ganda
  3. tiap field hanya satu pengertian
  • · Bentuk Normal ke Dua (Second Normal Form/2NF)

Bentuk normal ke dua mempunyai syarat yaitu bentuk data telah memenuhi kritetia bentuk normal ke satu. Atribut bukan kunci haruslah bergantung secara fungsi pada primary key. Jadi, untuk membentuk normal ke dua haruslah sudah ditentukan kunci-kunci field. Kunci field haruslah unique dan dapat mewakili atribut lain yang menjadi anggotanya.

  • · Bentuk Normal ke Tiga (Third Normal Form/3NF)

Untuk menjadi 3NF, maka relasi haruslah dalam bentuk normal ke dua dan semua atribut bukan primer tidak punya hubungan yang transitif. Dengan kata lain, setiap atribut bukan kunci haruslah bergantung hanya pada primary key dan primary key secara menyeluruh.

  • · Boyce-Codd Normal Form (BCNF)

BCNF mempunyai paksaan lebih kuat dan bentuk 3NF. Untuk menjadi BCNF, relasi harus dalam bentuk 1NF dan setiap atribut bergantung fungsi pada atribut super key.

  • · Bentuk Normal ke Empat (Fourth Normal Form/4NF)

Bentuk normal ke empat jika dan hanya jika relasi tersebut juga termasuk BCNF dan semua ketergantungan multivalue adalah ketergantungan fugsional.

  • · Bentuk Normal ke Lima (Fifth Normal Form/5NF)

Disebut juga PJNF (Projection Join Normal Form) dan 4NF dilakukan dengan menghilangkan ketergantungan Join yang bukan merupakan kunci kandidat.

No comments:

Post a Comment